Share
PCNU Blitar: Jaga NKRI dengan Shalawat kepada Nabi

PCNU Blitar: Jaga NKRI dengan Shalawat kepada Nabi

Blitar – Pengajian Ahad Wage telah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Blitar selama puluhan tahun, kegiatan yang biasa dilakukan pada hari Minggu wage ini selalu dipenuhi oleh masyarakat yang berasal dari berbagai daerah di Blitar dan sekitarnya. Masyarakat yang datang pun tidak hanya berasal dari kalangan orang-orang yang telah berusia lanjut, anak-anak muda pun tampak turut hadir memeriahkan kegiatan ini.

Pekan ini, tepatnya pada hari minggu (07/08/16) kegiatan serupa kembali dilaksanakan. Bertempat di Masjid Agung kota Blitar, pengajian kali ini dipimpin langsung oleh KH Mohammad Sunhaji Nawal Karim Zubaidi Abdul Ghofur. Beliau adalah salah satu pengasuh di Pesantren Mambaul Hikam dan pendiri Majelis Ta’lim Mugitsu Al-Mughits, Mantenan, Udanawu, Blitar.

Dalam tausiahnya, beliau menekankan pentingnya membaca sholawat kepada nabi. Menurutnya, selain memiliki nilai ibadah, shalawat kepada nabi juga mempunyai faedah untuk meningkatkan kecintaan umat muslim terhadap tanah airnya, yakni Indonesia.

Dikutip dari nu.or.id (08/08/16), pria yang akrab disapa gus Shon ini mengatakan, “Kalau kita bershalawat pada Nabi Muhammad SAW, selain mendapat syafaat Nabi. Juga bisa menambah kecintaan kita pada agama, bangsa dan negera. Sehingga menambah rasa nasionalisme kita terhadap nusa dan bangsa”.

Shalawat memang dipercaya banyak ulama memiliki faedah meningkatkan rasa cinta pada tanah air, karena shalawat menjaga manusia agar tidak tercerabut dari akar budaya dan sosialnya. Sama persis seperti yang dikatakan oleh gus Shon, sholawat bukan saja memiliki keutamaan dari sisi ibadah, tetapi juga menambah rasa cinta terhadap tanah air.

Bahkan telah ada satu shalawat yang digubah khusus untuk meningkatkan patriotisme pada Indonesia, shalawat itu dikenal dengan sebutan shalawat asnawiyah. Nama asnawiyah sendiri diambil dari nama penciptanya,  seorang ulama dan tokoh kemerdekaan RI asal Kudus, KHR. Asnawi. Di dalamnya berisi ajakan untuk mencintai dan mendoakan keamanan Indonesia.

Shalawat memang memiliki keistimewaan tersendiri; begitu istimewanya shalawat, hingga Allah dan malaikat pun ikut bershalawat kepada nabi, karenanya Allah memerintahkan manusia untuk melakukan hal serupa, yakni bershalawat kepada nabi. Ini sebagaimana tertera dalam alquran QS: Al-Ahzab:56, “Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya dengan sungguh-sungguh.”

Keutamaan shalawat karenanya, sudah tidak bisa diragukan lagi. Shalawat bukan saja meningkatkan keimanan kita terhadap Allah, tetapi juga kecintaan kita kepada sesama manusia dan seluruh ciptaan Allah lainnya.

Apa yang dilakukan oleh PCNU Kabupaten Blitar tentu baik untuk ditiru dan dikembangkan, di mana semangat untuk mencintai tanah air selalu ditanamkan dan dikuatkan. Mencintai tanah air merupakan sebuah keniscayaan, karena di atas tanah air inilah kita mengenal dan beribadah kepada Allah.

 

Leave a Comment