Share
Mahasiswa IPB Tanamkan Jiwa Nasionalisme Lewat Seni Islami

Mahasiswa IPB Tanamkan Jiwa Nasionalisme Lewat Seni Islami

Bogor – Mulai pudarnya sikap nasionalisme pada generasi muda saat ini memang menjadi salah satu ancaman serius bagi bangsa. Pasalnya, pemuda merupakan generasi yang akan memegang estafet tegaknya suatu bangsa. Jargon bernada “anti pancasila” yang sangat sering kita dengarkan belakangan ini menjadi pembuktian akan semakin terkikisnya jiwa nasionalisme pada genersi muda. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah ketidakseimbangan antara pemahaman agama dan rasa nasionalisme.

Berbagai hal dan upaya telah dilakukan oleh beberapa pihak untuk menanamkan jiwa nasionalisme baik pada generasi muda maupun anak-anak. Hal ini seperti yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa Institut Pertanian Bogor yang tergabung dalam komunitas Seni Religi IPB.  Lewat Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diadakan pihak kampus, Zanki dan kawan-kawan berinisiasi membuat program dengan judul “Pengenalan Lagu-lagu Nasional Melalui Seni Rebana nasional (Pelantara)” di Madrasah Diniyah Al-ihya’ Dramaga, Bogor.
3

Program yang dilaksanakan mulai dari bulan Maret hingga sekarang ini dilatar belakangi oleh kondisi terkini di mana isu-isu SARA sudah semakin masif. Selain itu, semakin tidak populernya lagu-lagu nasional di kalangan anak-anak menjadi salah satu alasan. “Kami berharap dengan dilaksanakannya program ini pengetahuan tentang lagu nasional bisa semakin meningkat dan menjadi populer di kalangan anak-anak serta mampu menumbuhkan jiwa nasionalisme,” Kata Ahmad Nuruddin Zanki selaku Ketua Seni Religi IPB.

Lewat program yang mereka laksanakan, siswa madrasah diniyah Al-ihya’ Dramaga dikenalkan beberapa lagu nasional dan pelatihan memainkan alat musik rebana sebagai pengiring dalam menyanyikan lagu nasional tersebut. Selain itu peserta didik juga didampingi untuk mengimplementasikan makna yang tersirat dalam setiap lagu.

“Pengimplementasian makna lagu ditujukan untuk membentuk karakter peserta didik sesuai dengan makna yang tersirat dalam lagu,” kata Abdul Habib Luthfi selaku Ketua Pelaksana Program ini.

Tidak hanya itu, mereka juga mengadakan sebuah seminar yang bertema “Tingkatkan Nasionalisme dengan Lagu Nasional” dengan menghadirkan pembicara yaitu AKP Doddy Rosjadi. Seminar yang dilaksanakan di Ruang Seminar Agribisnis IPB ini menghadirkan 60 peserta yang terdiri dari siswa Madrasah Diniyah Al-Ihya, delegasi ekstrakurikuler rebana dan marawis SMP N 2 Dramaga, SMA Kornita, SMK Persada, SMP Sejahtera 4, SMP Plus Darussholihin dan mahasiswa. Dalam seminar tersebut AKP Doddy Rosjadi menyampaikan bahwa peran lagu nasional dalam meningkatkan rasa nasionalisme dinilai cukup berpengaruh  besar.

AKP Doddy Rosjadi saat berbicara di seminar engan tema "tingkatkan nasionalisme dengan lagu nasional"
AKP Doddy Rosjadi saat berbicara di seminar dengan tema “tingkatkan nasionalisme dengan lagu nasional”

 

Kegiatan positif dan inovatif seperti ini diharapkan semakin sering dan banyak dilakukan oleh generasi muda. Kalau bukan pemuda siapa lagi, dan kalau bukan sekarang kapan lagi. Semoga pemuda Indonesia menjadi generasi hebat yang cinta kepada bangsanya.

2

Leave a Comment