Share
Hikmah Pagi : Kerinduan Rasulullah Kepada Umatnya

Hikmah Pagi : Kerinduan Rasulullah Kepada Umatnya

Siapa yang tak ingin dirindukan sosok agung nan mulia, kekasih Allah Subhanahu Wata’Ala yang senantiasa dirindukan oleh semua orang? Dialah sosok yang kita dengar melalui para da’i dan kita pelajari melalui Alquran dan juga as-Sunnah. Seorang yang tidak akan pernah habis diperbincangkan dari berbagai sudut pandang karena memiliki kesempurnaan yang luar biasa. Yang tidak akan habis ditulis sejarah hidupnya walau dibuat berjilid-jilid buku sebagaimana para pakar sejarah berujar.

Yang cukup menarik dari sosok yang kita rindukan ini adalah kenyataan bahwa beliau ternyata terlebih dahulu pernah megungkapkan rasa rindunya kepada kita semuanya. Hal ini beliau sampaikan kepada para sahabatnya. Sebagaimana hadits melalui Anas Ibn Malik, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menyampaikan,

وَدِدْتُ أَنِّى لَقِيتُ إِخْوَانِى. قَالَ فَقَالَ أَصْحَابُ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَوَلَيْسَ نَحْنُ إِخْوَانَكَ قَالَ : أَنْتُمْ أَصْحَابِى وَلَكِنْ إِخْوَانِى الَّذِينَ آمَنُوا بِى وَلَمْ يَرَوْنِى.

Aku rindu ingin sekali berjumpa dengan saudara-saudaraku, para shahabat nabi radliyallahu ‘anhum berkata: “Bukankah kami saudara-saudaramu? Beliau menjawab: “Kalian adalah para sahabatku. Saudara-saudaraku adalah orang-orang yang beriman kepadaku walaupun mereka belum pernah berjumpa denganku.” (H.R. Imam Ahmad dalam musnadnya Jilid 20/37).

Beruntunglah orang yang dirindukan sosok yang mulia, semoga kecintaan kita dan kerinduan kita semuanya, sebagaimana kerinduan beliau kepada kita dan kita diberikan kenikmatan bisa berkumpul dengannya. Sebagaimana sabdanya dari Abu Musa al-Asy’ari,

الْمَرْء مَعَ مَنْ أَحَبَّ

Kelak seseorang akan dikumpulkan bersama orang yang dicintai. (H.R. Imam Tirmidzi dalam sunannya Jilid 22/144).

Ya Rasullallah kami sangat rindu denganmu, hati kami bergetar bila disebut namamu, kami hanya bisa berdoa kelak kami bisa berkumpul bersamamu di tempat yang paling indah “Allahumma Sholli ‘Ala Sayyida Muhammad Wa ‘Ala Aali Sayyidina Muhammad”, semoga Allah meridloi kita semuanya Aamien Allahumma Aamien.

Al-Faqir Ila Allah ZA.

Leave a Comment