Share
Hikmah Pagi: Butiran Mutiara Dari Ulama’

Hikmah Pagi: Butiran Mutiara Dari Ulama’

Alhamdulillah bisa sowan dan sillatul ukhuwwah kepada salah seorang ulama yang kini menjadi salah seorang seorang yang cukup berpengaruh, tawadlu’ dan wajahnya begitu teduh serta bersahaja.

Yang paling berkesan adalah butiran mutiara yang keluar dari beliau. Tatkala kami bertanya kepada beliau, menurut Pak Kyai rintangan apa yang paling besar dalam berdakwah? Beliau menjawab: “Diri Kita Sendiri”. Kalau rintangan yang lain adalah sunnatullah, biarlah rintangan yang lain cukup Allah yang menolong kita. Sedang ujian diri kita sendiri adalah cukup berat, menyiapkan fisik, dakwah dan lain-lain. Karena jika kita tidak siap maka semuanya tidak bisa menghasilkan apa-apa.

Hal ini senada dengan apa yang pernah disampaikan oleh Rasulullah dalam sabdanya melalui Abu Dzar,

أفْضَلُ الجِهَادِ أنْ يُجاهِدَ الرَّجُلُ نَفْسَهُ وَهَواهُ

“Jihad yang paling utama adalah seseorang berjihad (berjuang) melawan dirinya sendiri dan hawa nafsunya”. (H.R. Ibn Najjar dalam al-Fathu al-Kabir Imam Suyuthi, Jilid 1/196).

Tantangan terberat adalah hawa nafsu kita sendiri, Semoga kita bisa mengendalikan diri dan juga hawa nafsu kita, agar senantiasa mendapatkan penjagaan dan perlindungan dari Allah Ta’ala, terima kasih kyai semoga Allah menjagamu Kyai dalam setiap dakwah dan langkah perjuanganmu, kami senantiasa mendo’akan. Semoga Allah menjaga kita semuanya, Aamien Allahumma Aamien.

Al-Faqir Ila Allah ZA

Leave a Comment