Share
Hikmah Pagi: Hari Itupun Akan Bergilir

Hikmah Pagi: Hari Itupun Akan Bergilir

Beberapa hari ini banyak hastag “kabur” dan “terang”, seperti cuaca akhir-akhir ini kadang terang, kadang kabut, sampai-sampai tiang listrik pun tidak kelihatan. Tak elak banyak juga orang terbawa ombak kesana-kemari. Ini adalah dinamika kehidupan yang selalu menghiasi warna hidup. Sebagaimana Al-Qur’an menyampaikan dalam surat Ali-Imran Ayat 140,

وَتِلْكَ الْأَيَّامُ نُدَاوِلُهَا بَيْنَ النَّاسِ

“Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran)”.

Masa-masa kemenangan pasti akan dipergilirkan di antara manusia. Suatu ketika kemenangan ada pada kelompok tertentu dan di lain waktu ada pada kelompok yang lain. Ini ada sunnatullah. Dan ini adalah cobaan bagi orang beriman agar tegar di dalam keimanannya.

Maka kita harus yakin pada saatnya yang “terang” akan nampak dan yang “kabur” akan hilang, walau ia sembunyi di manapun kebenaran adalah kebenaran yang ia akan selalu menang dan kebathilan akan sirna.

Ada sebuah pepatah mengatakan,

الدَّهْرُ سُلْطَانُ العَالَمِ، يَضَعُ الرَّفِيْعَ وَيَرْفَعُ الوَضِيْعَ

Masa adalah raja alam semesta, ia dapat menurunkan orang yang tinggi derajatnya, juga bisa meninggikan orang yang rendah derajatnya.

Maka jangan khawatir, ini sudah gejala alam, dan kita berdoa semoga Allah menjaga kita dan umat Islam untuk istiqomah di dalam keimanan dan ketaqwaan. Aamien Allahumma Aamien. Semoga bisa jadi renungan bersama.

Al-Faqir Ila Allah ZA.

Leave a Comment