Share
Hikmah Pagi: Zubaidah Binti Ja’far al-Manshur istri sang Khalifah Harun ar-Rasyid

Hikmah Pagi: Zubaidah Binti Ja’far al-Manshur istri sang Khalifah Harun ar-Rasyid

Di balik kesuksesan seorang pria, pasti ada wanita yang luar biasa di belakangnya. Mungkin ini ungkapan yang pas bagi Zubaidah yang mempunyai nama asli Amatul Aziz binti Ja’far bin Abi Ja’far Al-Mansur.

Panggilan Zubaidah merupakan pemberian sang kakek, karena kulitnya keputih-putihan dan karakter lemah-lembut yang melekat padanya. Inilah di antara wanita yang tidak terekam jejaknya dalam potret sejarah. Yang merupakan salah satu Permaisuri seorang Raja Agung Harun Ar-Rasyid. (Lihat: Wafayatul A’yan, Jilid: 2/314).

Beliau adalah seorang ahli ibadah dan faqih (pakar hukum islam), yang menarik beliau mempunyai pelayan istana kurang lebih 100 orang jumlahnya yang semuanya adalah penghafal Alquran. Suaranya sangat merdu bak lebah; sehingga hampir di seluruh penjuru istana terdengar lantunan Alquran. Yang sangat mengagumkan, hampir setiap orang setiap hari bisa menyelesaikan bacaannya 1/10 Alquran atau (3 Juz) dan ini menjadi pemandangan yang sangat elok di istana. Subanaallah coba kalau pemandangan ini ada di sekolah-sekolah, masjid-masjid, kampus-kampus, perkantoran-perkantoran, apalagi istana negara, akan sangat indah sekali. setiap hari tidak pernah lepas dengan kalam Ilahi.

Beliau seorang yang sangat dermawan, dikisahkan beliau membuat saluran mata air yang mengalir dari bukit Arafah, Mina dan Makkah untuk para Jama’ah haji yang panjangnya kurang lebih 10 KM, yang sampai sekarang bangunannya masih terlihat jelas. (Lihat: A’lamun-Nisa’, Jilid: 2/27).

Diceritakan bahwah beliau pernah membantu ber-ribu-ribu dinar untuk membantu orang lain, sampai dilarang oleh bendaharanya. Beliau menjawab: Pahala dari Allah lebih banyak dan tidak terhitung.

Ibn Jabir menceritakan: Dari mulai Baghdad sampai Mekkah senantiasa ada peninggalan penting dari Zubaidah. (Lihat: Rihlah Ibn Jabir, Hal: 165).
Seorang Pakar Sejarah Terkemuka Mesir memuji Zubaidah dengan ucapan, “Perempuan yang sangat mulia di zamannya baik agama, keturunannya, kecantikannya dan perhatiannya; adalah Zubaidah”.

Maka di balik kesuksesan sang Khalifah Harun Ar-Rasyid ada perempuan yang sangat luar biasa yaitu Zubaidah di mana masa Sang Khalifah disebut sebagai Masa Keemasan Islam yang berhasil menjadikan Baghdad sebagai salah satu Pusat Ilmu Pengetahuan Dunia.

Semoga akan lahir Zubaidah-Zubaidah baru dalam Islam yang bisa mewarnai para pemimpin dunia, minimal mewarnai rumah tangga. sehingga bisa melahirkan peradaban yang baru untuk kemajuan Islam. Semoga Allah menjaga kita semuanya menjadikan keturunan kita sholeh dan sholehah Aamien Allahumma Aamien.

Al-Faqir Ila Allah ZA

Leave a Comment