Share
Hikmah Pagi: Keistimewaan Unta (1)

Hikmah Pagi: Keistimewaan Unta (1)

Beberapa hari belakangan kita dihebohkan dengan berita tentang unta, walau sebenarnya unta ini merupakan hewan yang sudah dikenal sejak 3000 tahun silam. Dan unta yang paling terkenal dan populer adalah unta Nabi Sholeh ‘Alaihis Salam.

Al Qur’anpun menginformasikan tentang unta, setidaknya ada 13 penamaan unta menurut para Ulama’ diantaranya: Ibil, Naqah, Jamal, Hiim, ‘Isyar, An’am dan lain sebagainya yang tersebar di berbagai surat di dalam Al Qur’an. Keunikan yang dimiliki oleh unta yang menarik adalah dia bisa bertahan di padang pasir serta mampu bersahabat dengan manusia, dan di atas unta dapat dipasang tenda serta menjadi kendaraan yang cukup nyaman bagi para Istri Raja dan para pejabat.

Imam al-Qurthuby dalam tafsirnya mengemukakan: “Unta adalah hewan yang paling banyak manfaatnya, dibandingkan hewan yang lain. Unta memiliki paling tidak empat keistimewaan: susunya dapat dikonsumsi, sebagai kendaraan, dagingnya dapat dimakan dan sebagai wahana pengangkut beban berat.” (Lihat: al-Jaami’ Li-Ahkamil Qur’an, Jilid: 10/214-215).

Unta merupakan salah satu harta yang berharga bagi orang arab, maka sering digunakan sebagai permisalan untuk menunjukkan keelokan sesuatu, dan hal ini banyak diterangkan dalam banyak riwayat hadits.

Unta juga banyak berjasa,diantaranya: unta adalah hewan yang membawa pasukan Kalaveri dalam mengalahkan Kisra (Kaisar Persia) dalam peperangan Qadisiyah. Selain itu, unta merupakan hewan yang membawa perbekalaan makanan dan air Khalid Ibn Walid saat menempuh gurun pasir dan mengalahkan Rum (Imperium Romawi) dalam perang Yarmuk.

Jadi keistimewaan unta sangat banyak, maka bahasa yang digunakan al Qur’an sangat menarik,

أَفَلَا يَنْظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ

Maka apakah mereka tidak memperhatikan kepada unta bagaimana dia diciptakan?

Imam ar-Razi menjelaskan: “keistimewaan yang melekat kepada unta, membuatnya banyak yang kagum dan tertegun” oleh sebab itu banyak ilmuan yang melakukan riset terhadapnya. Maka Allah memerintahkan kita untuk mentadabburi penciptaannya. (Lihat: Tafsir Mafatihul Ghoib, Jilid: 11/146-147).

Pelajaran yang penting kita ambil, informasi tentang unta sudah ada sejak 3000 tahun silam. namun riset tentangnya belum tuntas sampai sekarang, sehingga membuat perbedaan pendapat antar para Ulama’ dan Para Ilmuan. Ini bukti Maha Besar Allah dengan Ilmu-Nya yang sangat Luas, dan begitu lemahnya manusia. Maka Allah mengatakan di dalam al-Qur’an,

وَمَا أُوتِيتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إِلَّا قَلِيلًا

Dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit. (Q.S: Al-Isra’ : 85).

Ayat ini memberikan informasi kepada kita betapa Allah memberikan pengetahuan kepada kita sangat sedikit sekali. Maka kita harus belajar dan belajar, terus menela’ah serta meriset, karena setiap yang berserakan di bumi Allah ada permata yang tersembunyi.

Semoga Allah meridhoi kita semuanya, memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan ilmu yang bermanfa’at Aamien Allahumma Aamien. Al-Faqir Ila Allah ZA

Leave a Comment