Share

Hikmah Pagi: Beruntunglah Sang Ahli Fajr

Di antara golongan yang akan Allah muliakan di dunia sebelum di akhirat adalah ahli Fajr, yaitu orang-orang yang menjaga shalat shubuhnya di masjid. Aura mereka memancarkan kecerahan dan waktu mereka akan dijadikan berkah oleh Allah. Semoga kita termasuk di dalamnya, kalau belum semoga Allah menjadikan kita bagian dari mereka.

Mereka, para ahli fajar, setiap langkahnya dipersaksikan oleh para Malaikat. Ketika mereka berjamaah di masjid, pahala mereka bagaikan menghidupkan semalam suntuk. Sebagaimana wejangan Rasulullah melalui Abu Hurairah;

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ

“Para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada saat shalat fajar (subuh).” (HR. Bukhari dalam shohihnya, Jilid: 1/232 dan Muslim dalam shohihnya, Jilid: 1/450)”

Rasulullah melanjutkan,

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

“Barangsiapa yang shalat Isya secara berjamaah, maka seakan-akan ia telah mendirikan separuh malam. Dan siapa yang mengerjakan shalat subuh berjamaah, seolah-olah ia telah mendirikan malam keseluruhannya.” (HR. Muslim dalam shohihnya, Jilid: 1/454, dan Ibn Hibban dalam Shohihnya, Jilid: 5/408).

Memang, sholat Subuh sungguh berat bagi yang belum terbiasa, meski pahala yang dijanjikan sangat besar. Andai ia nampak dan ia berupa materi, maka tidak akan ada rumah-rumah Allah yang sepi. Mereka akan mendatangi rumah-rumah Allah secara berbondong-bondong, karena pahalanya baru akan dinampakkan nanti di hari kiamat, sebagaimana sabdanya:

بَشِّرِ الْمَشَّائِينَ فِى الظُّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّورِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan di kegelapan menuju masjid-masjid dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.” (HR. Tirmidzi dalam sunannya, Jilid: 1/435, Ibn Khuzaimah mengomentari: sanad hadits ini shohih).

Semoga Allah memudahkan langkah kita untuk menghidupkan shubuh berjamaah di Masjid, sehingga Allah memberikan keberkahan kepada kita semuanya. Amin Allahumma Amin.

Al-Faqir Ila Allah, ZA.

Leave a Comment