Share
Hikmah Pagi: Keutamaan Memiliki Anak Perempuan

Hikmah Pagi: Keutamaan Memiliki Anak Perempuan

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, melalui Jabir Ibn Abdullah:

مَنْ كَانَ لَهُ ثَلاَثُ بَنَاتٍ يُؤْوِيْهِنَّ وَيَكْفِيْهِنَّ وَيَرْحَمُهُنَّ فَقَدْ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةَ الْبَتَّةَ . فَقَالَ رَجُلٌ مِنْ بَعْضِ الْقَوْمِ: وَثِنْتَيْنِ يَا رَسُوْلَ اللهِ ؟ قَالَ : وَثِنْتَيْن . وَزَادَ فِي رِوَايَةٍ : حَتَّى ظَنَنَّا أَنَّ إِنْسَانًا (لَوْ) قَالَ: وَاحِدَةً ؟ لَقَالَ: وَاحِدَةً

“Barangsiapa yang memiliki tiga anak perempuan, ia mengayomi mereka, mencukupi mereka, dan menyayangi mereka, maka akan dianugerahkan kepadanya surga. Kemudian salah seorang dari kaum bertanya, bagaimana kalau dua anak perempuan Ya Rasulullah? Rasulullah menjawab, dua anak perempuan juga. (HR. Bukhari, dalam Adabul Mufrad, Hal: 41).

Dalam riwayat lain al-Hakim mengatakan, “Sampai kami menyangka kalau ada orang yang berkata, bagaimana kalua satu anak perempuan? Maka tentu Rasulullah akan menjawab, walau hanya satu anak perempuan.”

Terkadang kita mengatakan mengasuh anak perempuan lebih sulit dari pada anak laki-laki, karena jaminan yang diberikan Allah luar biasa.

Semoga Allah karuniakan kita anak-anak sebagai permata hati, sholih dan sholihah bisa menjadi penolong di akhirat nanti, Aamien Allahumma Aamien.

Al-Faqir Ila Allah, ZA.

Leave a Comment