Share
Hikmah Pagi: Nasehat dari seorang Ulama

Hikmah Pagi: Nasehat dari seorang Ulama

Hindari tujuh perkara niscaya dirimu, juga hatimu, akan merasakan ketenangan dan diselamatkan kehormatan maupun agamamu:

  1. Janganlah terlalu bersedih terhadap sesuatu yang sudah hilang,
  2. Janganlah merasa gelisah terhadap sesuatu yang belum tentu terjadi,
  3. Janganlah menyakiti atau mencela orang lain, disebabkan apa yang menimpa dirimu,
  4. Janganlah meminta imbalan terhadap sesuatu yang belum kita kerjakan,
  5. Janganlah melihat dengan penuh syahwat terhadap sesuatu yang belum menjadi milik kita,
  6. Janganlah marah terhadap seseorang yang tidak melukaimu.
  7. Jangan mudah memuji seseorang, boleh jadi nanti akan timbul kekecewaan. (Lihat: Sahirul Layali Fi Riyadhil Jannah, Hal: 343).

Nasehat para ulama senantiasa kita rindukan, karena semakin hari, kita krisis ulama. Satu persatu dicabut mutiara ilmu dari dunia ini. Bertepatan malam hari tadi, seorang ‘Alim besar sang Maha Guru para Ulama’ meninggal dunia, yaitu Syeikh Al-‘Allamah Sulthonul ‘Ulama al-Habib Saalim Ibn ‘Abdullah Asy-Syaathiry.

Semoga Allah menempatkan beliau bersama para Syuhada’, Sholihin dan para Anbiya’ dan semoga kita dikumpulkan bersama para Ulama’. Karena meninggalnya ulama’ sebagaimana digambarkan oleh Rasulullah:

خُذُوا الْعِلْمَ قَبْلَ أَنْ يَذْهَبَ، قَالُوا: وَكَيْفَ يَذْهَبُ الْعِلْمُ يَا نَبِيَّ اللَّهِ، قَالَ:إِنَّ ذَهَابَ الْعِلْمِ أَنْ يَذْهَبَ حَمَلَتُهُ

“Pelajarilah ilmu sebelum ilmu itu pergi! Kemudian para sahabat bertanya: Wahai Rasulullah bagaimana mungkin ilmu itu bisa pergi? Rasulullah menjawab: Perginya ilmu adalah dengan wafatnya orang-orang yang membawa ilmu (yaitu ulama).” (HR Ad-Darimi dalam sunannya, Jilid: 1/89).

Semoga Allah menjaga para Ulama kita dan menjaga kita semuanya, Aamien Allahumma Aamien.

Al-Faqir Ila Allah, ZA

Leave a Comment